Kapolsek Ende Pimpin Pengamanan Hari Raya Suci Galungan Dan Kuningan

Kapolsek Ende Pimpin Pengamanan Hari Raya Suci Galungan Dan Kuningan

TribrataNewsEnde - Kepala Kepolisian Sektor Ende Iptu J.Ronny. N. Gonstal,SH, memimpin langsung pelaksanakan pengamanan hari Raya Suci Galungan dan Kuningan Bertempat di Pura Dalem Kahyangan Wolowona, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende, Sabtu (29/02) pukul 09.30 wita.

Kegiatan Ritual Suci Keagamaan Hari Raya Suci Galungan dan Kuningan dipimpin oleh Pemangku Rateman dan dihadiri oleh umat Hindu kelompok terpencar di wilayah Kabupaten Ende.

Perayaan Hari Raya Galungan merupakan sebuah perayaan hari kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (keburukan), yaitu kemenangan kebenaran lewat restu dari Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan yang Maha Esa.

Hari raya kuningan merupakan perayaan dimana umat Hindu memohon keselamatan, kedirgayusan, perlindungan dan tuntunan lahir-bathin kepada para Dewa, Bhatara, dan para Pitara.

Kapolsek Ende Iptu J. Ronny.N. Gonstal, SH, menegaskan bahwa kegiatan pengamanan ini dilakukan untuk menjamin situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Ende tetap dalam keadaan kondusif dan masyarakat terutama yang beragama Hindu dapat melaksanakan persembahyangan dengan aman dan nyaman.