Polres Ende Gelar Latihan Simulasi Sispamkota Jelang Pemilu 2019

Polres Ende Gelar Latihan Simulasi Sispamkota Jelang Pemilu 2019

TribrataNewsEnde - Guna ‎memaksimalkan dan mematangkan kesiapan pengamanan Pemilu 2019, Kapolres Ende AKBP ACHMAD MUZAYIN, SIK, Pimpin Apel Latihan Simulasi peragaan sistem pengamanan kota ( Sispamkota ) dalam rangka menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2019, menjelang pelaksanaan kampanye terbuka.

Kegiatan ini, dimulai dengan rangkaian pembentukan pengendali massa (Dalmas) kerangka dimulai dari tim negosiasi, dalmas awal, dalmas lanjutan serta tim penindakan massa yang berujung pada tindakan anarkis. Jika negosiasi tidak berhasil dan massa justru bertindak anarkis, akan dilakukan tindak tegas sehingga proses Pemilu berjalan dengan lancar, aman, serta kondusif.

Latihan Sispamkota ini, merujuk pada skenario latihan yang telah di persiapan sesuai dengan tahapan - tahapan sebagai berikut Pengawalan Paslon Capres/Cawapres, Pengamanan giat kampanye, Pengamanan masa tenang dan pembersihan atribut kampanye, pengamanan pencoblosan di TPS dan pengawalan kotak suara serta pengamanan Pleno/Rekapitulasi.

Kegiatan latihan dipimpin langsung Kabag Ops Kompol I Ketut Suka Abdi selaku Karendalopsres dengan koordinator latihan Kasat Sabhara IPTU Agus Kuswanto.

Kapolres Ende AKBP Achmad Muzayin SIK, saat dikonfirmasi menuturkan bahwa latihan Sispamkota ini penting dilaksanakan dalam rangka kesiapan personil serta sarana prasarana yang ada guna mendukung kegiatan pengamanan Pemilu 2019, baik pemilihan legislatif (Pileg) maupun Pilpres, yang akan memasuki masa kampanye terbuka,” ujar Kapolres Ende.

“Latihan Dalmas dan simulasi Sispamkota ini harus dipersiapkan sejak dini guna menghadapi kegiatan pengamanan pesta rakyat Pemilu tahun 2019, yang akan memasuki kampanye terbuka dan menjelang pelaksanaan pemungutan suara,” Tutup Kapolres Ende. (NnZz)