Sosialisasi Saber Pungli Oleh Tim Satgas Kabupaten Ende.

Sosialisasi Saber Pungli Oleh Tim Satgas Kabupaten Ende.

TribrataNewsEnde - Dalam rangka mencegah adanya kegiatan pungutan liar pada pelayanan masyarakat, Tim Saber pungli Kab.Ende melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan tentang Saber Pungli,Kamis (29/8/19) pagi.

Kegiatan sosialisasi hari ini bertempat di Aula Kantor Camat Lio Timur, Aepetu, Kel. Watuneso, Kec. Lio Timur, Kab. Ende.

Kegiatan di Buka Oleh Camat Lio Timur Drs. Maximus Sensi dan dilanjutkan dengan Paparan materi dari Para Narasumber yakni dari Kepolisian Resor Ende oleh Kasi Propam Res Ende Aiptu Paskalis S. Koli.
dari Kejaksaan Negeri Ende oleh Abdon C.Toh. SH dan dari Kepala Inspektorat Kab. Ende Husen Thau,SH.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Lio Timur ( Iptu Agus Kuswanto ), anggota tim Satgas Saber Pungli Kab. Ende, Anggota Siwas Resor Ende, Kepala Sekolah beserta Guru SD,SMP dan SMA Sekec. Lio Timur, Kepala Kelurahan/Desa sekec. Lio Timur, Ketua Komite SD,SMP dan SMA Sekec. Lio Timur, Kepala Puskesmas Watuneso,Sekertaris Lurah dan Desa sekec. Lio Timur.

Adapun Inti Materi yang disampaikan para Narasumber yakni Melakukan koordinasi dan komunikasi yg baik dgn Instansi-instansi terkait, Pemerintah Desa,Kepala Sekolah SD,SMP, SMA, ASN dan Aparat penegak Hukum untuk tidak melakukan pungli di dalam Sekolah dan masyarakat.

Dalam sosialisasi tersebut, Tim saber pungli dari Kepolisian,Kejaksaan dan Inspektorat Kabupaten Ende bersepakat bahwa pungutan liar dapat merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, untuk itu kita lakukan pencegahan dan penindakan secara tegas,terpadu dan efisien yang berpedoman pada perundang-undang yang berlaku.

Ketua Unit Pemberantas Pungli (UPP) Kabupaten Ende Waka Polres Ende Kompol Dance Elias Day, melalui Kasi Propam Polres Ende Aiptu Paskalis S. Koli, sebagai nara sumber dari Polres Ende mengharapkan, dengan adanya sosialisasi Saber Pungli ini masyarakat akan lebih memahami serta tidak ada oknum aparatur atau instansi pemerintahan yang akan melakukan pungli," Harapnya.

“Jangan takut untuk melaporkan kepada kami apabila menemukan pungli. Segera laporkan dan akan kami tindak tegas, Mari kita wujudkan pemerintahan yang bersih, jujur dan adil serta bebas dari pungutan liar guna meningkatkan kemajuan pembangunan di Kabupaten Ende,” katanya.( NnZz )