Gabungan Personil Polres Ende Amankan Kegiatan Pawai Takbiran oleh PHBI Ende dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Gabungan Personil Polres Ende Amankan Kegiatan Pawai Takbiran oleh PHBI Ende dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H
Kapolres Ende bersama Dandim 1602 Ende saat menghadiri pelepasan peserta takbiran Keling di Jln Sukarno Ende

TribrataNewsEnde.Com - Untuk memastikan kegiatan keagaman berjalan aman dan lancar, 317 Personil gabungan Polres Ende baik dari Polsek Jajaran mengamankan jalannya kegiatan Pawai Takbiran keliling dalm rangka sambut hari raya Idulfitri 1445 H 2024. Selasa (9/4/2024) Pukul 21.00 Wita.

Kegiatan Pawai Takbiran oleh PHBI Kabupaten Ende dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H yang di awali dengan apel pengecekan kesiapan personel pengamanan yang di ploting untuk menempati lokasi pengamanan pawai takbir di wilayah kota Ende. Kegiatan Pawai takbir dipusatkan di titik " KM 0 "Jln. Soekarno Kelurahan Kota Raja Kecamatan Ende Utara ini yang dibuka langsung oleh Asisten I Sekda Kab Ende yang dihadiri oleh Kapolres Ende, Dandim 1602 Ende, bersama Ketua PHBI Ende dan diikuti oleh remaja masjid dan umat Muslim kota Ende.

Sambutan oleh Asisten I Sekda Ende yang pada intinya menyampaikan bahwa pawai takbir 1 Syawal 1445 H yang dilaksanalan dalam rangka merayakan kemenangan bagi umat muslim setelah sebulan melaksanakan puasa yang kiranya dilaksanakan dengan sukacita dan rasa syukur, serta tetap memperhatilan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pawai takbir. 
Pada akhir sambutannya Asisten I Sekda Ende menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H sekaligus membuka dan melepas kegiatan pawai takbir.

Sambutan Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni M., S.H., S.I.K., M.H., mengatakan saya Kapolres Ende sebagai Kapampres yang menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pawai agar setiap peserta memperhatikan keselamatan dalam berkendara, bagi pengandara roda dua maupun roda empat wajib menggunakan kelengkapan kendaraan sehingga takbiran berjalan aman tertib dan lancar.

"Kami dari Polres Ende dibantu oleh Kodim 1602 Ende dan instansi lainya siap mengankan jalanya kegiatan keagamaan ini, mari kita sama sama menjaga ketertiban sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, kami Polres Ende menyiagakan 317 Anggota untuk mengamankan kegiatan ini untuk menjaga setiap titik atau simpul yang di lewati". Ucap Kapolres Ende.

Pengamanan ini merupakan bagian dari pengamanan Operasi Ketupat Turangga 2024. pengaman takbiran keliling ini untuk menjamin rasa aman bagi umat Islam dalam menaymbut Hari Raya Idul Fitri besak, semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. tambah Kapolres Ende.

Adapun rute yang dilalui dalam pawai takbir tersebut yakni:
Start - Km 0 Jalan Soekarno - Jalan Kemakmuran - Jalan Gajah Mada - Jalan Teuku Umar - Gang Paupanda 2 - Jalan Ikan Paus - Jalan Pasar - Jalan Pabean - Jalan Yos Sudarso - Jalan Perwira - Jalan Masjid - Jalan Kartini dan berakhir Km 0 Jalan Soekarno yang diikuti sekitar 300 orang peserta dengan menggunakan kendaraan roda empat sebanyak 35 unit .(HumasPolresEnde).