Dengar Keluhan Masyarakat Secara Langsung, Kapolres Ende Gelar Jumat Curhat Kapolres Ende Mendengar di Pasar Potulando

Dengar Keluhan Masyarakat Secara Langsung, Kapolres Ende Gelar Jumat Curhat Kapolres Ende Mendengar di Pasar Potulando
Kapolres Ende didampingi lurah Potulando saat gelar jumat curhat bersama para pedagang di pasar Potulando

TribrataNewsEnde.Com - Dalam rangka menyerap secara langsung aspirasi dan keluhan dari masyarakat, Kapolres Ende menggelar kagiatan Jumat Curhat Kapolres Ende mendengar yang di laksanakan di pasar Potulando, Kelurahan Potulando Kecamatan Ende tengah Kabupaten Ende, Jumat (12/5/2023) Pukul 09.00 Wita.

Kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan di Pasar Potulando Kelurahan Potulando Kecamatan Ende tengah ini Kapolres Ende di dampingi oleh Kabag Ops Polres Ende AKP I Wayan Oka Deswanta, S.E, Kasat Binmas, Kasat Pol air, Kasat Samapta, Kasi Propam, Kapolsek Ende, KBO Reskrim, KBO Intelkam, Ka SPKT Polres Ende, Kanit Dikyasa Satlantas Ende, Bhabinkamtibmas Kel. Potulando, Kec. Ende Tengah serta di hadiri oleh Bapak Ibu Pengguna Lapak di pasar Potulando dan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita, tokoh pemuda Rt.002 / Rw. 001 Kelurahan Potulando.

Kegiatan dibuka oleh lurah Potulando Marcelus Leu Paru, S.Sos mengucapankan sebagai pemerintahan Potulando terimakasih atas kegiatan jumat Curhat ini karena sudah yang ke dua kali mengunjungi kami warga kelurahan Potulando dan terimakasih juga kepada warga masyarakat Kelurahan Potulando yg sempat hadir di kegiatan ini.

Kapolres Ende dalam sambutanya mengatakan kegiatan jumat curhat ini adalah program dari kapolri yang mana kapolres harus turun langsung ke masyarakat untuk menanyakan apa keluhan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian.

"Apapun keluhan bapak dan mama bisa langsung di sampaikan kepada kami, sampaikan apa saja keluhan baik tingkah laku anggota Polri maupun pelayanan kepolisian, jadi tolong di samapaikan untuk kita carikan solusi untuk kita bisa berikan pelayanan yg terbaik". Ucap Kapolres Ende.

Adapun beberapa Saran/Keluhan yang disampaikan oleh Masyarakat Kelurahan Potulando dan para penjual pedagang dan pengusaha diantaranya : 

* Bapak H.Abbas Ketua Rt. 002 
- Himbauan dari bapak Rt 002 meminta adanya Jaga malam di Jln. Kelimutu.
-  Lapak - lapak Banyak yang kosong karena tekanan Ekonomi Meminta Pihak Polres Ende Berkoordinasi dengan Disperindag  karena Kenaikan Pajak Lapak
- Adanya Pencurian di Pasar Potulando.

* Bapak Feliks Gapo.
- Buka Jalan Baru Menuju Pasar Potulando karena jalan yang lama sudah di tutup sehingga pengguna pasar tidak bisa bongkar muat barang.
-Adanya Monopoli pengguna Lapak.

*  Mama Clara 
- Supaya bapak Kapolres bisa membuka kembali jalan Yang lama 
- Tata tertib Pasar Wolowona Jam operasi sampe jam 17.00 wita, sehingga malam hari kembali rame di Pasar Potulando.

* Bapak Rubenson Riwutude.
- Kebebasan di berikan kepada orang - orang tertentu,adanya Mobil Pick Up yang jualan di pinggir pasar.
- Kami Mohon tertibkan kembali Jam Pasar, karena pasar Potulando Sore sampe malam, Pasar Mbongawani Pasar Pagi hari, dan Pasar Wolowona hanya Hari Jumat.

* Bapak Don
- Motor Knalpot Brong dari Jln. Kelimutu, Patimura.
- Banyak yang Mengkonsumsi Minuman Keras ( Miras ) dan Banting Botol di seputaran Pasar.
- Apakah menggangu ketertiban umum dapat dipidanakan.

* Mama Katarina Pia
- Bagaiamana anak - anak bisa Masok Polisi.

* Mama Florensia
- Di jln. Patimura akses jalan begitu sempit,adanya mobil truck yang parkir sembarangan di pinggir jalan, sehingga mengganggu akses Jalan untuk pengguna jalan yang lain.

* Bapak Alfian Mahmud
- Trotoar bukan lagi untuk pejalan kaki tapi untuk pedagang Kaki Lima.

* Bapak Gregorius
- Akses jalan dari belakang Pasar ke Depan pasar sehingga Mobil sampah tidak bisa masok ke dalam pasar akibatnya Sampah yang ada di dalam pasar di buang ke selokan air.

* Bapak Yeremias.
- Merasa Resah tentang Keamanan,karena barang jualan saya sering di bongkar.
- Tertibkan anak - anak yang keluyuran seputaran pasar Potulando.
- Untuk Bapak Ibu yang mempunyai anak untuk memberikan himbauan kepada anak - anaknya untuk tidak keluyuran di jam - jam Larut.

5. Atas informasi dan harapan Masyarakat  Kapolres Ende memberikan jawaban sebagai berikut :
* Untuk Jaga Malam di Pasar Potulando Akan kami Penuhi, dan di tempatkan di tempat- tempat padat di Seputaran Pasar.
* Nanti di Komunikasikan terkait Pajak Lapak 
* Akan adanya Patroli Secara Rutin di Jam- jam Rawan.
* Akan Mengaktifkan Kembali Siskamling
* Terkait adanya Mobil Pick Up yang berjualan di pinggir jalan akan kami tertibkan.
* Terkait dengan jam Pasar akan kami koordinasikan dengan pihak Disperindag.
* Terkait dengan Knalpot racing juga menjadi Atensi kami,kalau ada yang mendengar Knalpot Racing nanty sampekan Ke saya.
* Nanti akan di Razia terkait dengan Minuman Keras ( Miras ).
* Terkait Dengan Anak - Anak bisa masok Polisi, agar mempersiapkan Fisik, dan akademik agar bisa mengikuti seleksi.
* Adanya Mobil truk yang parkir sembarangan nanti akan di tertibkan oleh anggota Satlantas Polres Ende dan Dinas Perhubungan.
* Kembalikan Fungsi Trotoar  nanty pihak polres akan berkoordinasi dengan Pihak Pol PP Akan tertibkan di seputaran trotoar.
* Terima kasih juga untuk bapak yeremias yang sudah memberikan Himbauan kepada warga masyarakat Potulando agar Anak - anaknya tidak keluyuran di jam - jam larut.

Selesai memberikan jawaban atas informasi dan harapan para warga oleh Kapolres Ende kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan berakhir pukul 11.00 wita, situasi berjalan aman dan lancar. (HumasPoresEnde)