Gerak Cepat Polsek Pulau Ende Evakuasi Kapal Yang Macet Di Tengah Laut Sawu

Gerak Cepat Polsek Pulau Ende Evakuasi Kapal Yang Macet Di Tengah Laut Sawu
Gerak Cepat Polsek Pulau Ende Evakuasi Kapal Yang Macet Di Tengah Laut Sawu

tribratanewsende.com - Polsek Pulau Ende dibawah Pimpinan IPTU Kamaludin bersama jajaran nya bergerak cepat untuk membantu Kapal KM. Kalsel Yang Macet  di perairan laut Sawu. Minggu 21/5/2023. 

Kepada Humas Polres Ende, Kapolsek Pulau Ende IPTU Kamaludin Menjelaskan Kronologis Kejadian nya bahwa  Jam. 00.15 Wita dirinya  menerima informasi dari Basarnas Ende bahwa telah macet sebuah Kapal "KMN. KALSEL BERGERAK" di Perairan Laut Sawu dengan jarak 13 Mil dari daratan (Kec. Pulau Ende. 

Lebih lanjut pada pukul 00.25 Kapolsek Pulau Ende  menindaklanjuti informasi tersebut selanjutnya melakukan koordinasi dan Penggalangan terkait informasi Kapal macet di tengah lautan Perairan Laut Sawu dengan Kapten Kapal Ikan "KM. CAHAYA MAKMUR" yang sedang berlabuh di Dermaga Pulau Ende. 

Sementara pada Jam.01.18 Wita, pihak Polsek setelah melakukan Koordinasi dan Penggalangan sehingga Kapten Kapal Ikan bersedia membantu untuk melakukan penarikan Kapal yang macet di tengah lautan Perairan Laut Sawu. 

Pada Jam. 01.25 Wita, Kapolsek Pulau Ende IPTU KAMALUDIN bersama Anggota menggunakan Kapal Ikan "KM. CAHAYA MAKMUR" Star dari Dermaga Pulau Ende menuju ke tengah lautan Perairan Laut Sawu dengan menempuh jarak 13 Mil dari daratan (Kec. Pulau Ende). 

Sampai Jam. 03.05 Wita, bertemu dengan Kapal "KMN. KALSEL BERGERAK" yang sedang terombang ambing di terpa gelombang di lautan lepas Perairan Laut Sawu, dan selanjutnya  dilakukan penarikan Kapal yang macet menuju ke daratan (Dermaga Pulau Ende). demikian Jam. 05.00 wita, Kapal "KMN. KALSEL BERGERAK" dengan ABK 5 (lima) orang dan 1 (satu) penumpang yang ditarik Kapal Ikan "CAHAYA MAKMUR" tiba di Dermaga Pulau Ende dengan keadaan selamat, sehat dan lengkap. 

Kapolsek juga menambahkan bahwa Berdasarkan hasil Interogasi dan wawancara singkat dengan Kapten Kapal "KMN. KALSEL BERGERAK", bahwa kapal tersebut star dan berlayar dari Pelabuhan Pengurungan Madura  dari hari Sabtu tanggal 13 Mei 2023 menuju Pelabuhan Kupang NTT dan selama perjalan 4 hari tiba tiba mesin macet lalu di upayakan untuk perbaikan namun mesin tidak bisa hidup sehingga kapal terombang ambing di lautan lepas selama 5 (lima) hari sampai hari tanggal Minggu tanggal 21 Mei 2023 serta bekal dalam keadaan menipis dan berkurang. 

Pada kesempatan itu  pihak Polsek Pulau Ende mengambil langkah langkah Koordinasi dengan Basarnas Ende,  Penggalangan  Kapten Kapal Ikan, penarikan Kapal di tengah lautan Perairan Laut Sawu dan mengarahkan serta memotivasi kapten yang macet untuk diperbaiki dan melakukan koordinasi dengan KSOP Ende dan KSOP Pulau Ende. (Humas Polres Ende)