Mantapkan Pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga 2023, Polres Ende Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Mantapkan Pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga 2023, Polres Ende Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral
Mantapkan Pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga 2023, Polres Ende Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

tribratanewsende.com. Pada hari Senin tanggal 17 April 2023, bertempat di Ruangan PPKO Polres Ende, Jln. Pahlawan, Kel. Potulando, Kec. Ende Tengah, Kab. Ende, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Pengamanan Perayaaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Kegiatan Rapat Lintas Sektoral di pimpin oleh Wakapolres Ende Kompol Ahmad, S.H. dan di hadiri oleh Pasi Intel Kodim 1602, Dansub Denpom TNI AD Wil IX Ende, Danki Pan C Yonif 743 Ende,Danki 3 Yon B Pelopor Satbrimob Polda NTT, Danpos Pemantau TNI AL Ende, Para Kabag, Kasat, Kbo, Kaur dan Kapolsek jajaran Polres Ende, Kepala Bulog Kab. Ende, Kabid Dishub Kab. Ende, Kasi Lalin Dishub Kab. Ende, Perwakilan Basarnas Kab. Ende, Perwakilan Pos BMKG Kab. Ende, Wakil Ketua Senkom Kab. Ende beserta anggota, Assisten Manajer PLN Kab. Ende, Perwakilan Pertamina Kab. Ende, Perwakilan Dinkes Kab. Ende, Wakil ketua MUI Kab. Ende. 

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Wakapolres Ende dan dilanjutkan dengan paparan tentang perkiraan Intelijen Operasi Ketupat Turangga 2023 oleh Kasat Intelkam Polres Ende dan dilanjutkan paparan tentang Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2023 oleh Kabag Ops Polres Ende.

Selesai paparan dari Kabag Ops Polres Ende dilanjutkan dengan penyampaian dari peserta rapat yakni : 

1. Wakil Ketua MUI menyampaikan Bahwa hasil rapat panitia MUI sholat Idul Fitri akan dilaksanakan pada hari jumat tanggal 21 April 2023, sehingga pawai takbir akan di laksanakan pada malam jumat, serta meminta agar selama proses pawai takbir selalu mendapatkan pengamanan di setiap titik dari pihak kepolisian resor Ende. 

2. Dinas Pariwisata Kab. Ende menyampaikan bahwa pada tanggal 24 April di Kab. Ende akan masuk kapal asing, serta situasi keamanan dan kerawanan destinasi pariwisata yang bertempat di beberapa titik di Kab. Ende. 

3. Kepala Bandara Ende menyampaikan bahwa, Bandara H. Hasan Aroeboesman telah melakukan kesiapan sarana bandara dari tanggal 14 April hingga 2 Mei 2023 guna mengantisipasi melonjaknya penumpang. 

4. Dari PLN Ende menyampaikan telah menyiapkan cadangan pasokan listrik sebesar 90 mega selama bulan Ramadhan hingga perayaan hari Raya Idul Fitri 1444 H. 

5. Kesbangpolda Kab. Ende menyampaikan bahwa akan mengatur tentang pemasangan baliho Idul Fitri dari masing masing instansi pada titik titik yang telah di siapkan sehingga dapat tertata dengan baik. 

6. Kepala Bulog Kab. Ende menyampaikan terkait ketersediaan bahan pokok selama bulan Ramadhan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga perayaan Idul Fitri tahun 2023.

7. Dishub Kab. Ende menyampaikan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan di pasar mbongawani, Dishub akan melakukan pemantauan di pasar, mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan dan gangguan arus berkendara. 

8. Pertamina Ende menyampaikan telah menyiapkan Stok BBM selama bulan puasa hingga Hari Raya Idul FitriFitri 1444 H. 

9. Kasubag Faskon Polres Ende menyampaikan agar instansi terkait dapat menambahkan rambu tambahan di simpang lima, sehingga pengendara tahu bahwa harus memutari pada bundaran tersebut. 

10. Danpos TNI AL menyampaikan bahwa telah menyiapkan tim gabungan yang telah stanbay  di pelabuhan ippi dan pelabuhan Ende selama bulan Ramadhan hingga perayaan hari raya idul FitriFitri 1444 H. 

11. Basarnas Kab. Ende menyampaikan telah menyiapkan peralatan selama bulan Ramadhan hingga perayaan hari raya idul Fitri 1444 H. 

12. Dinas Kesehatan Kab Ende menyampaikan bahwa Dinkes Kab. Ende telah menyiapkan pelayanan kesehatan selama 1 x 24 jam selama bulan Ramadhan hingga perayaan hari Raya Idul Fitri. 

Atas penyampaian dari peserta rapat, Wakapolres Ende menyampaikan apa yang sudah disampaikan menjadi bahan evaluasi Polres Ende dalam melaksanakan pengamanan dan pelayanan yang lebih baik, dan segala perkembangan yang terjadi dilapangan sehubungan dengan pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri agar secepatnya dikoordinasikan.

Rapat koordinasi  Lintas Sektoral berakhir pukul 11.55 WITA, berjalan aman dan lancar. (Humas Polres Ende)