Tingkatkan Kemampuan Anggota, Polres Ende Gelar Latihan Dalmas

Tingkatkan Kemampuan Anggota, Polres Ende Gelar Latihan Dalmas

TriBrataNews.com - Personel Satuan Samapta Polres Ende, Polda Nusa Tenggara Timur terus melaksanakan latihan Pengendalian Massa (Dalmas) dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota Sat Samapta. Latihan tersebut di laksanakan di lapangan Voli Polres Ende, Senin (22/04/2024) pukul 08.55 Wita.

Pelaksanaan kegiatan latihan dalmas ini dilaksanakan secara rutin dalam menghadapi segala bentuk potensi gangguan kamtibmas , salah satunya yakni meningkatkan keterampilan Pengendalian Masa (Dalmas)

Anggota Dalmas merupakan pengendali massa yang bergerak dalam ikatan kesatuan untuk mencegah masa masuk suatu lokasi tertentu atau objek vital, jadi perlu diberikan latihan secara rutin. Pada latihan tersebut para personel difokuskan pada latihan fisik, Dalmas awal dan Dalmas lanjut.

Diawali dengan teori dasar-dasar sikap Dalmas lanjut diantaranya sikap ditempat dengan menggunakan perlengkapan Dalmas dan sikap pindah tempat serta formasi Dalmas. 

Dalam latihan tersebut anggota Dalmas sat Samapta berlatih beberapa materi seperti:
- Melaksanakan Kegiatan Peningkatan kemampuan Menggunakan Akses Tameng dan Tongkat Dalmas 
- Melaksanakan kegiatan latihan Gerakan memakai Perlengkapan Dalmas Lanjut. 
- Melaksanakan latihan sikap dasar dan sikap Siaga serta sikap dorong dalam Gerakan Dalmas lanjut. 
- Melaksankan kegiatan peningkatan kesiap siagaan dan kesampataan personil Sat Samapta Polres Ende. 

Dalam latihan tersebut Iptu I Gusti Ngurah Bisa Selaku Kasat Samapta Polres Ende berharap latihan dan materi Dalmas yang diberikan ini mampu dipahami dan dimengerti dalam menghadapi segala bentuk potensi gangguan Kamtibmas serta menghindari kesalahan prosedur di lapangan.

“Polri merupakan garda terdepan dalam pengamanan, misalnya aksi unjuk rasa, sehingga setiap personel wajib memiliki kemampuan dan pengetahuan gerakan Dalmas," katanya.

"Jadi saya harap latihan ini dapat mempersiapkan personel yang lebih matang dan profesional dalam bertugas nantinya, tentunya latihan ini nanti akan kita laksanakan secara rutin,” kata Iptu I Gusti Ngurah Bisa. (Humas Polres Ende)