Kapolsek Wolowaru Hadir Menyapa Warga Desa Rindiwawo Dalam Kegiatan Jumat Curhat

Kapolsek Wolowaru Hadir Menyapa Warga Desa Rindiwawo Dalam Kegiatan Jumat Curhat
Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku, S.Sos saat kegiatan jumat Curhat diMasjid Babburahman Lowonggo

TribrataNewsEnde.Com - Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku, S.Sos kembali dengarkan aspirasi dan curahan masyarakat terkait kamtibmas dalam kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan di Masjid Babburahman Lowonggo Dusun Lowonggo Desa Rindiwawo Kecamatan Wolowaru. Jumat (15/3/2024) Pukul 13.10 Wita.

Kegiatan yang dilaksanakan setelah Sholat Jumat berjamaah ini turut hadir mendampingi Kapolsek Wolowaru Ipda Ubaldus Maku, S. Sos yakni ; Wakapolsek Aiptu Ramlan, Bhabinkamtibmas Rindiwawo Aipda Narsudin Benge dan Bhabinkamtibmas Desa Mbuli Lo'o Bripka Isra M. Umar dan dihadiri bersama Warga masyarakat, Sementara Tokoh Agama hadir Imam Masjid Bapak H. Arba'a Hasan.

Mengawali sambutanya tidak lupa Ipda Ubaldus Maku menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibada berpuasa kepada warga masyarakat Desa Rindiwawo. Selanjutnya  saya memperkenalkan diri dan berharap bisa diterima menjadi bagian dari keluarga besar masyarakat yang ada di Desa Rindiwawo Kecamatan Wolowaru ini.Ucapnya.

"Kegiatan Jumat Curhat merupakan suatu wadah komunikasi dan mempererat silaturahmi serta implementasi Polri hadir di tengah tengah masyarakat. Kepolisian hadir untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan dan harapan masyarakat, kami haidr ingin mendengarkan langsung keluhan dan permasalahan yang apa yang terjadi di Desa ini supaya kita bisa cari Solusi bersama terkait masalah apa saja". Ucap Kapolsek Wolowaru.

Adapun imbuan penting Kapolsek Wolowaru mengawali kegiatan JUmat Curhat diantaranya :

■ Pemilu serentak telah selesai, Bapak/Ibu sekalian telah mengambil bagian dalam pesta demokrasi, kita telah menghasilkan pemimpin baik legislatif maupun Presiden dan Wakil Presiden. Apresiasi yang tinggi saya sampaikan atas nama Bapak Kapolres Ende kepada masyarakat Desa Rindiwawo yang telah menjaga situasi kamtibmas sampai saat ini tetap aman dan kondusif. Kegiatan berupa patroli, sambang, himbauan dan sosialisasi akan terus dilakukan hal ini untuk memastikan terjaminya keamanan dan ketertiban masyarakat.

■ Berdasarkan data gangguan kamtibmas di Wilkum Polsek Wolowaru selama Triwulan I tahun 2024 terjadi beberapa kejadian atau kasus walaupun didominasi oleh kejahatan Konvensional seperti ; Penganiayaan, Penyerobotan Tanah, Pencurian dll. Dari kasus tersebut ada 4 kasus menonjol antara lain ; 
○ Penutupan Jalan di Desa Nuamuri Barat
○ Penutupan Jalan di Desa Rindiwawo dan Tana Lo'o
○ Kasus Perzinahan / Pemerkosaan
○ Kasus Pencabulan

■ Kepolisian akan terus meningkatkan sinergitas antara kepolisian dengan aparatur pemerintahan desa sehingga akan timbul keharmonisan dalam menjalankan roda pemerintahan yang bersih dan tranparan. Polri selalu bergandengan tangan bersama tiga pilar kamtibmas (Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa)

■ Terkait dengan Rekrutmen di Polri dimana saat ini sistem testnya sudah memakai CAT, untuk itu Kapolsek mengharapkan putra putri dari Desa Rindiwawo untuk terus belajar dan berlatih. Persiapkan anak-anak kita melalui Bimbel dengan baik, ketika tiba saatnya pasti kita mampu bersaing dengan peserta yang lain.
contoh seleksi melalui jalur SIPSS dimana Panda Polda NTT seorang rohaniawan / Pastor Katolik dari Keuskupan Ruteng melalui proses seleksi yang ketat dan terbuka di terima dan saat ini tengah menjalani pendidikan di Akpol Semarang .

■ Kita tau bersama bahwa Ende dengan kota rahim Pancasila memberi banyak inspirasi untuk toleransi dan kerukunan antar umat beragama.  

■ Masyarakat beragama begitu terbuka dengan berbagai perbedaan, dan menjadi modal dasar bagaimana mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

■ Kehidupan beragama yang dinamis dengan terciptanya kerukunan umat beragama tentunya membawa manfaat yang sangat besar bagi umat beragama, terwujudnya kerukunan umat beragama memiliki manfaat, paling tidak menjamin dan menghormati keyakinan dan identitasnya oleh pihak lain, dan sebesar-besarnya kesempatan untuk membuktikan kebesaran agamanya masing-masing dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

■ Saya menghimbau dan mengajak masyarakat beragama di Desa Rindiwawo Kecamatan Wolowaru kabupaten Ende untuk menjadi pelopor toleransi dan kerukunan umat beragama baik di lingkungan terkecilnya di keluarga, masyarakat maupun dalam skop yang lebih luas.

Setelah kata sambutan Kapolsek Wolowaru dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab terkait kamtibmas. (HumasPolresEnde).